Busi adalah perangkat penting bagi mesin kendaraan. Penggantian harus dilakukan secara

Berita Otomotif Otomtalk

Otomtalk :

Busi adalah perangkat penting bagi mesin kendaraan. Penggantian harus dilakukan secara berkala agar kinerja mesin selalu prima. Perlu diketahui, memasang busi tak bisa sembarangan. Dibutuhkan teknik yang tepat agar komponen pemercik api itu bekerja dengan baik. Dikatakan Diko Octavian, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, kebanyakan orang selama ini berasumsi pengencangan harus sekeras-kerasnya. Padahal anggapan seperti itu salah dan membahayakan.
.
Banyak masalah yang mungkin terjadi bila pengaplikasiannya tidak tepat. Dalam kasus terlalu kencang, ulir bisa rusak sehingga nantinya sulit dilepaskan.
.
“Kalau sudah begini jadi susah. Harus dibubut, akhirnya merusak,” jelas Diko kepada OTO beberapa waktu lalu.
.
Kondisi berbeda dialami jika kurang kencang. Dampaknya performa pembakaran menjadi tak sempurna, yang berujung pada rusaknya elektroda.
.
Pemasangan yang benar sebaiknya pakai kunci momen. Namun, perangkat ini harganya terbilang mahal. Bila Anda kurang suka mengotak-atik kendaraan sendiri, mungkin berpikir dua kali untuk membelinya. Meski begitu, ada trik mudah tanpa alat khusus, yakni lewat mengukur putaran.
.
“Kalau bengkelnya mampu mungkin bisa beli kunci momen. Satunya itu sekitar Rp 4 jutaan. Ukurannya lima macam. Jadi totalnya Rp 20 jutaan,” tuturnya.
.
Terdapat kriteria yang harus diperhatikan sebelum memakai metode ini, yakni: kondisi dan ukuran diameter ulir. Kedua poin ini bertujuan untuk mengetahui besarnya sudut putar. Untuk busi 18 dan 14 mm, misalnya. Jika belum pernah digunakan, maka putarannya setengah atau 180 derajat, ditambah dua pertiga (240 derajat) guna memastikan. Beda dengan yang sudah dipakai, cukup 30 derajat.
.
“Sebelum dikencangkan masukkan dan puntir busi dengan tangan sampai tidak bisa lagi. Atau gunakan selang yang size-nya sama. Pastikan tidak miring karena berisiko merusak komponen,” jelas Diko.
.
Untuk yang punya luas penampang 12 dan 10 mm, putarannya juga setengah atau 180 derajat. Tidak perlu dilebihkan seperti ukuran 18 dan 14 mm.
.
Sumber : https://www.oto.com/tips-mobil/salah-pasang-busi-bisa-berbahaya-begini-teknik-mudahnya
.

Busi adalah perangkat penting bagi mesin kendaraan. Penggantian harus dilakukan secara berkala agar kinerja mesin selalu prima. Perlu diketahui, memasang busi tak bisa sembarangan. Dibutuhkan teknik yang tepat agar komponen pemercik api itu bekerja dengan baik. Dikatakan Diko Octavian, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, kebanyakan orang selama ini berasumsi pengencangan harus sekeras-kerasnya. Padahal anggapan seperti itu salah dan membahayakan.
.
Banyak masalah yang mungkin terjadi bila pengaplikasiannya tidak tepat. Dalam kasus terlalu kencang, ulir bisa rusak sehingga nantinya sulit dilepaskan.
.
“Kalau sudah begini jadi susah. Harus dibubut, akhirnya merusak,” jelas Diko kepada OTO beberapa waktu lalu.
.
Kondisi berbeda dialami jika kurang kencang. Dampaknya performa pembakaran menjadi tak sempurna, yang berujung pada rusaknya elektroda.
.
Pemasangan yang benar sebaiknya pakai kunci momen. Namun, perangkat ini harganya terbilang mahal. Bila Anda kurang suka mengotak-atik kendaraan sendiri, mungkin berpikir dua kali untuk membelinya. Meski begitu, ada trik mudah tanpa alat khusus, yakni lewat mengukur putaran.
.
“Kalau bengkelnya mampu mungkin bisa beli kunci momen. Satunya itu sekitar Rp 4 jutaan. Ukurannya lima macam. Jadi totalnya Rp 20 jutaan,” tuturnya.
.
Terdapat kriteria yang harus diperhatikan sebelum memakai metode ini, yakni: kondisi dan ukuran diameter ulir. Kedua poin ini bertujuan untuk mengetahui besarnya sudut putar. Untuk busi 18 dan 14 mm, misalnya. Jika belum pernah digunakan, maka putarannya setengah atau 180 derajat, ditambah dua pertiga (240 derajat) guna memastikan. Beda dengan yang sudah dipakai, cukup 30 derajat.
.
“Sebelum dikencangkan masukkan dan puntir busi dengan tangan sampai tidak bisa lagi. Atau gunakan selang yang size-nya sama. Pastikan tidak miring karena berisiko merusak komponen,” jelas Diko.
.
Untuk yang punya luas penampang 12 dan 10 mm, putarannya juga setengah atau 180 derajat. Tidak perlu dilebihkan seperti ukuran 18 dan 14 mm.
.
Sumber : https://www.oto.com/tips-mobil/salah-pasang-busi-bisa-berbahaya-begini-teknik-mudahnya
.

Silakan cek berita dan update terbaru di menu HARI INI , link ada diatas
atau browse instagram @Otomtalk dibawah ini:

NB:
Informasi Otomotif, tips, berita, lucu, video viral, browse hashtags: otomotif busi tips otomtalk
kunjungi sponsor kami Vespa dealer Medan & Sumut www.vesparkindo.com
Untuk video otomotif bisa lihat dan Follow instagram @otomtalk untuk updates

Untuk informasi Berita Medan , silakan browse www.medantalk.com
Cek info lowongan kerja di www.KarirGram.com
Medan Punya Cerita cek www.MedanKu.com
Powered by Webhosting terjamin