Ini Caranya Agar Hemat Baterai Untuk Mobil Listrik Stasiun Pengisian

Berita Otomotif Otomtalk

Otomtalk :

Ini Caranya Agar Hemat Baterai Untuk Mobil Listrik

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terus dikembangkan oleh pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kini jumlahnya sudah lebih dari 600 unit dengan beragam jenis kecepatan pengecasan.

Hingga Desember 2023 tercatat ada 624 unit mesin EV Charger yang tersebar di 411 titik lokasi. Ultra Fast Charger sebanyak 148 unit, Fast Charger 108 unit, Medium Charger 191 unit, dan Slow Charger 177 unit. Untuk persebarannya, Ultra Fast Charger ada di 134 lokasi, Fast Charger di 32 lokasi, Medium Charger di 164 lokasi, dan Slow Charger di 81 lokasi.

Berhubung jumlah SPKLU masih terbatas maka pengguna mobil listrik bisa mengikuti tips berikut untuk menghemat baterai. Arif Nugroho, Service Advisor Hyundai Solo Baru mengatakan cara pengemudi berkendara bisa menentukan jarak tempuh mobil listrik di samping kapasitas baterainya.

Arif mengatakan, pada mobil konvensional ketika pedal gas diinjak maka akan membuat udara dan BBM masuk ke ruang bakar, semakin diinjak maka semakin banyak jumlah BBM yang terbakar. Sedangkan pada mobil listrik yang akan terkuras adalah daya listriknya.

Arif mengatakan, cara di atas bisa dilakukan dengan memposisikan paddle shifter pada level 0 agar mobil bisa melaju memanfaatkan gaya dorong. Namun, pengemudi juga bisa menggunakan paddle shifter pada level selanjutnya untuk mengisi daya baterai.

Engine brake pada mobil konvensional saat melewati turunan tetap membuat konsumsi BBM tinggi karena putaran mesin tinggi, hal tersebut tidak berlaku pada mobil listrik. Justru gaya putar yang dihasilkan dari laju mobil saat melibas turunan akan dimanfaatkan untuk memutar motor.

Ini Caranya Agar Hemat Baterai Untuk Mobil Listrik

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terus dikembangkan oleh pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kini jumlahnya sudah lebih dari 600 unit dengan beragam jenis kecepatan pengecasan.

Hingga Desember 2023 tercatat ada 624 unit mesin EV Charger yang tersebar di 411 titik lokasi. Ultra Fast Charger sebanyak 148 unit, Fast Charger 108 unit, Medium Charger 191 unit, dan Slow Charger 177 unit. Untuk persebarannya, Ultra Fast Charger ada di 134 lokasi, Fast Charger di 32 lokasi, Medium Charger di 164 lokasi, dan Slow Charger di 81 lokasi.

Berhubung jumlah SPKLU masih terbatas maka pengguna mobil listrik bisa mengikuti tips berikut untuk menghemat baterai. Arif Nugroho, Service Advisor Hyundai Solo Baru mengatakan cara pengemudi berkendara bisa menentukan jarak tempuh mobil listrik di samping kapasitas baterainya.

Arif mengatakan, pada mobil konvensional ketika pedal gas diinjak maka akan membuat udara dan BBM masuk ke ruang bakar, semakin diinjak maka semakin banyak jumlah BBM yang terbakar. Sedangkan pada mobil listrik yang akan terkuras adalah daya listriknya.

Arif mengatakan, cara di atas bisa dilakukan dengan memposisikan paddle shifter pada level 0 agar mobil bisa melaju memanfaatkan gaya dorong. Namun, pengemudi juga bisa menggunakan paddle shifter pada level selanjutnya untuk mengisi daya baterai.

Engine brake pada mobil konvensional saat melewati turunan tetap membuat konsumsi BBM tinggi karena putaran mesin tinggi, hal tersebut tidak berlaku pada mobil listrik. Justru gaya putar yang dihasilkan dari laju mobil saat melibas turunan akan dimanfaatkan untuk memutar motor.

Silakan cek berita dan update terbaru di menu HARI INI , link ada diatas
atau browse instagram @Otomtalk dibawah ini:

NB:
Informasi Otomotif, tips, berita, lucu, video viral, browse hashtags: nasiknal berita otomtalk hematbaterai
kunjungi sponsor kami Vespa dealer Medan & Sumut www.vesparkindo.com
Untuk video otomotif bisa lihat dan Follow instagram @otomtalk untuk updates

Untuk informasi Berita Medan , silakan browse www.medantalk.com
Cek info lowongan kerja di www.KarirGram.com
Medan Punya Cerita cek www.MedanKu.com
Powered by Webhosting terjamin