Tak Dibuang! Begini Cara Bridgestone Kelola Ban Cacat Produksi Septian

Berita

Tak Dibuang! Begini Cara Bridgestone Kelola Ban Cacat Produksi
Septian Farhan Nurhuda –

PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI) punya cara unik dalam mengelola ban reject atau catat produksi. Alih-alih membuangnya, mereka justru mengolahnya menjadi benda lain yang bermanfaat!

Anindito Ajireswara selaku Consumer Marketing 1 Manager PT BTI mengatakan, persentase ban Bridgestone cacat produksi sebenarnya sangat kecil. Bahkan, tak sampai satu persen. Namun, pihaknya tak lantas membuang produk reject tersebut.

“Kita ada kerja sama dengan beberapa masyarakat, salah satunya program sosotan dengan warga di daerah Bogor untuk mengolah ban reject jadi barang-barang yang berfungsi,” ujar Anindito Ajireswara di Karawang, Jawa Barat, Rabu (14/8).

Anin menjelaskan, pihaknya memberikan alat dan mesin khusus kepada kelompok masyarakat terkait untuk memisahkan material karet dengan benang dan kawat di ban. Nantinya, material karet akan dibuat karpet mobil dan benangnya untuk tambang di kapal.

“Jadi itulah bentuk-bentuk daur ulang yang kami lakukan dan sudah kami kerjakan sejak 2021 sampai sekarang,” ungkapnya

Bridgestone sementara hanya bekerja sama dengan kelompok masyarakat di desa Pabuaran, Bogor. Sebab, jumlah ban yang reject sejatinya sangat sedikit. Anin tak bisa mengurai bagaimana detail pengerjaannya, namun dia memastikan prosesnya memakai metode cutting.

Lebih jauh, Anin menjelaskan, Bridgestone Indonesia punya proses QC atau pemeriksaan yang sangat ketat dan bertahap. Mereka ingin memastikan, ban yang sampai ke tangan konsumen benar-benar dalam kondisi sempurna dan tanpa masalah atau keluhan.

“Jadi ada kekurangan sedikit aja itu akan dikirim untuk di-reject. Karena dari ribuan barang yang diproduksi, pasti ada aja 1-2 yang reject kan. Tapi seperti yang dibilang tadi, angkanya tak sampai 1 persen,” kata dia.

Tak Dibuang! Begini Cara Bridgestone Kelola Ban Cacat Produksi
Septian Farhan Nurhuda -

PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI) punya cara unik dalam mengelola ban reject atau catat produksi. Alih-alih membuangnya, mereka justru mengolahnya menjadi benda lain yang bermanfaat!
 
Anindito Ajireswara selaku Consumer Marketing 1 Manager PT BTI mengatakan, persentase ban Bridgestone cacat produksi sebenarnya sangat kecil. Bahkan, tak sampai satu persen. Namun, pihaknya tak lantas membuang produk reject tersebut.

“Kita ada kerja sama dengan beberapa masyarakat, salah satunya program sosotan dengan warga di daerah Bogor untuk mengolah ban reject jadi barang-barang yang berfungsi,” ujar Anindito Ajireswara di Karawang, Jawa Barat, Rabu (14/8).

Anin menjelaskan, pihaknya memberikan alat dan mesin khusus kepada kelompok masyarakat terkait untuk memisahkan material karet dengan benang dan kawat di ban. Nantinya, material karet akan dibuat karpet mobil dan benangnya untuk tambang di kapal.

“Jadi itulah bentuk-bentuk daur ulang yang kami lakukan dan sudah kami kerjakan sejak 2021 sampai sekarang,” ungkapnya

Bridgestone sementara hanya bekerja sama dengan kelompok masyarakat di desa Pabuaran, Bogor. Sebab, jumlah ban yang reject sejatinya sangat sedikit. Anin tak bisa mengurai bagaimana detail pengerjaannya, namun dia memastikan prosesnya memakai metode cutting.

Lebih jauh, Anin menjelaskan, Bridgestone Indonesia punya proses QC atau pemeriksaan yang sangat ketat dan bertahap. Mereka ingin memastikan, ban yang sampai ke tangan konsumen benar-benar dalam kondisi sempurna dan tanpa masalah atau keluhan.

“Jadi ada kekurangan sedikit aja itu akan dikirim untuk di-reject. Karena dari ribuan barang yang diproduksi, pasti ada aja 1-2 yang reject kan. Tapi seperti yang dibilang tadi, angkanya tak sampai 1 persen,” kata dia.

Browse berita / cerita / Tips Otomotif sesuai hashtags >> otomtalk berita mobil

Silakan cek berita dan update terbaru di menu HARI INI , link ada diatas
atau browse instagram @Otomtalk dibawah ini:

Kunjungi Sponsor kami Vespark Dealer Resmi Piaggio Vespa Medan SUMUT www.vesparkindo.com
dan dealer resmi MOGE Aprilia dan Moto Guzzi Motoplex di www.motoplexindo.com

Powered by Webhosting Terjamin