Mode manual sudah ada pada sejumlah mobil matik. Dengan menggunakan

Berita

Mode manual sudah ada pada sejumlah mobil matik. Dengan menggunakan mode manual perpindahan gigi bisa dilakukan secara bertahap manual dengan mengoperasikan tuas transmisi atau paddle shift.

Tapi yang perlu diketahui, ada efek samping yang bisa berdampak pada girboks transmisi kalau keseringan dipakai.

“Pada mode manual girboks transmisi cenderung mengalami beban torsi berlebih,” ungkap Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, Bintaro, Tangerang Selatan.

Hal tersebut terjadi karena saat masuk mode manual ada kecenderungan pengemudi memindahkan gigi di putaran mesin tinggi.

Putaran mesin yang tinggi meningkatkan tekanan hidrolis oli transmisi. “Di dalam girboks ada penumpukan beban torsi supaya penyaluran tenaga tetap maksimal,” terang Hermas disitat dari GridOto.

Bersamaan, Hermas terus menerangkan pada beban torsi membuat oli transmisi lebih panas. Sehingga ada risiko temperatur oli transmisi berlebih yang memperpendek usia pakainya.

“Tekanan hidrolis tinggi beban stress mekanikal juga besar, menciptakan gesekan plat kopling dan friksi roda gigi lebih kuat berpotensi mempercepat keausan,” beber Hermas.

Idealnya, mode manual bisa dipakai dalam kondisi tertentu saat diperlukan.

“Lewat jalan menanjak, berakselerasi spontan untuk menyalip, atau membantu engine brake saat turunan maupun pengereman,” saran Hermas.

Sumber: gridoto

“browse feed & follow @otomtalk for more “

Mode manual sudah ada pada sejumlah mobil matik. Dengan menggunakan mode manual perpindahan gigi bisa dilakukan secara bertahap manual dengan mengoperasikan tuas transmisi atau paddle shift. 

Tapi yang perlu diketahui, ada efek samping yang bisa berdampak pada girboks transmisi kalau keseringan dipakai. 

“Pada mode manual girboks transmisi cenderung mengalami beban torsi berlebih,” ungkap Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, Bintaro, Tangerang Selatan. 

Hal tersebut terjadi karena saat masuk mode manual ada kecenderungan pengemudi memindahkan gigi di putaran mesin tinggi.

Putaran mesin yang tinggi meningkatkan tekanan hidrolis oli transmisi. “Di dalam girboks ada penumpukan beban torsi supaya penyaluran tenaga tetap maksimal,” terang Hermas disitat dari GridOto.

Bersamaan, Hermas terus menerangkan pada beban torsi membuat oli transmisi lebih panas. Sehingga ada risiko temperatur oli transmisi berlebih yang memperpendek usia pakainya.

“Tekanan hidrolis tinggi beban stress mekanikal juga besar, menciptakan gesekan plat kopling dan friksi roda gigi lebih kuat berpotensi mempercepat keausan,” beber Hermas. 

Idealnya, mode manual bisa dipakai dalam kondisi tertentu saat diperlukan. 

“Lewat jalan menanjak, berakselerasi spontan untuk menyalip, atau membantu engine brake saat turunan maupun pengereman,” saran Hermas.

 Sumber: gridoto

“browse feed & follow @otomtalk for more “

Browse berita / cerita / Tips Otomotif sesuai hashtags >> otomtalk berita mobil

Silakan cek berita dan update terbaru di menu HARI INI , link ada diatas
atau browse instagram @Otomtalk dibawah ini:

Kunjungi Sponsor kami Vespark Dealer Resmi Piaggio Vespa Medan SUMUT www.vesparkindo.com
dan dealer resmi MOGE Aprilia dan Moto Guzzi Motoplex di www.motoplexindo.com

Powered by Webhosting Terjamin