Toyota Avanza Tabrak Minibus Akibat Understeer dan Oversteer Gangguan pada

Berita Otomotif Otomtalk

Otomtalk :

Toyota Avanza Tabrak Minibus Akibat Understeer dan Oversteer

Gangguan pada kendaraan ketika berada di jalan cukup beragam, salah satunya yaitu ban selip. Kondisi ini terjadi karena ban kekurangan cengkeraman pada permukaan jalan, sehingga kendali kendaraan menjadi hilang. Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @hafidzalkarni. Dalam rekaman tersebut, terlihat Toyota Avanza hendak melewati tikungan di kawasan Jangga Dolok, Sumatera Utara.

Pengemudi LMPV Toyota itu memacu kendaraannya dengan kecepatan yang cukup tinggi di jalan yang basah. Saat melewati belokan, mobil tersebut mengalami understeer dan oversteer hingga akhirnya menabrak mobil minibus dari arah berlawanan.

Untuk diketahui saat roda depan selip akan mengalami understeer. Situasi ini biasa terjadi pada mobil Front Wheel Drive (FWD), namun bukan berarti tidak dapat menimpa mobil dengan penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD).

Ketika setir sudah dibelokkan, kendaraan tetap berjalan lurus mengikuti momentum. Dapat dikatakan kendaraan kebablasan tidak bisa mengikuti jalur yang berbelok.

Sementara oversteer merupakan kondisi di mana ban belakang yang kehilangan traksi sehingga terasa ingin mengejar roda depan. Akibatnya posisi kendaraan jadi miring. Pada jalur yang menikung, kendaraan berbelok terlalu dalam.

Toyota Avanza Tabrak Minibus Akibat Understeer dan Oversteer

Gangguan pada kendaraan ketika berada di jalan cukup beragam, salah satunya yaitu ban selip. Kondisi ini terjadi karena ban kekurangan cengkeraman pada permukaan jalan, sehingga kendali kendaraan menjadi hilang. Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @hafidzalkarni. Dalam rekaman tersebut, terlihat Toyota Avanza hendak melewati tikungan di kawasan Jangga Dolok, Sumatera Utara.

Pengemudi LMPV Toyota itu memacu kendaraannya dengan kecepatan yang cukup tinggi di jalan yang basah. Saat melewati belokan, mobil tersebut mengalami understeer dan oversteer hingga akhirnya menabrak mobil minibus dari arah berlawanan. 

Untuk diketahui saat roda depan selip akan mengalami understeer. Situasi ini biasa terjadi pada mobil Front Wheel Drive (FWD), namun bukan berarti tidak dapat menimpa mobil dengan penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD).

Ketika setir sudah dibelokkan, kendaraan tetap berjalan lurus mengikuti momentum. Dapat dikatakan kendaraan kebablasan tidak bisa mengikuti jalur yang berbelok.

Sementara oversteer merupakan kondisi di mana ban belakang yang kehilangan traksi sehingga terasa ingin mengejar roda depan. Akibatnya posisi kendaraan jadi miring. Pada jalur yang menikung, kendaraan berbelok terlalu dalam.

Silakan cek berita dan update terbaru di menu HARI INI , link ada diatas
atau browse instagram @Otomtalk dibawah ini:

NB:
Informasi Otomotif, tips, berita, lucu, video viral, browse hashtags: otomtalk berita mobil
kunjungi sponsor kami Vespa dealer Medan & Sumut www.vesparkindo.com
Untuk video otomotif bisa lihat dan Follow instagram @otomtalk untuk updates

Untuk informasi Berita Medan , silakan browse www.medantalk.com
Cek info lowongan kerja di www.KarirGram.com
Medan Punya Cerita cek www.MedanKu.com